Minggu, 16 Februari 2014

Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya

Tempat Wisata di Purwokerto – Mungkin beberapa di antara anda banyak yang tidak mengetahui tempat wisata yang ada di Purwoketo karena memang kota ini tidak se-populer Jogja ataupun Solo, namun bila anda meluangkan waktu sejenak untuk  membaca artikel ini, anda akan menemukan beberapa tempat wisata menakjubkan yang terdapat di wilayah Purwokerto dan sekitarnya. Tempat wisata yang ada di Purwokerto kebanyakan di dominasi oleh objek wisata alam karena memang  kota ini berlokasi di daerah pegunungan dengan pemandangan-pemandangan yang indah serta kondisi udara yang sejuk dan asri, untuk lebih jelasnya mengenai tempat wisata apa saja yang ada di sana, berikut saya telah merangkumnya khusus untuk anda.

Tempat Wisata di Purwokerto

 

Wisata Baturaden


Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya


Baturaden merupakan sebuah tempat wisata yang letaknya ada di lereng gunung Slamet. Untuk mencapai lokasi ini anda akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari kota Purwokerto dengan menggunakan kendaraan. Di objek wisata yang terletak 640 meter di atas permukaan laut ini, anda dapat menikmati indahnya pemandangan yang ada serta suasana udara pegunungan yang sejuk. Dari kawasan Baturaden ini, anda juga dapat menyaksikan pemandangan kota Purwokerto dari ketinggian. Tidak hanya kota Purwokerto saja yang bisa anda lihat, anda juga bisa melihat keindahan pemandangan bangunan dan jalan raya yang ada di Cilacap, serta pulau Nusa kambangan yang terkenal.

Selain banyaknya wahana rekreasi yang ada di kawasan wisata Baturaden, anda juga dapat menjumpai air terjun yang mengalir deras di kawasan ini. Air terjun tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, tak heran bila air terjun ini menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan untuk bersantai sambil menikmati keindahan panorama alam sekitar. Lokasi wisata Baturaden memang sangat cocok untuk dijadikan lokasi berlibur bersama keluarga atau orang terdekat.

Pancuran Pitu


Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya


Pancuran pitu merupakan salah satu objek wisata yang diunggulkan di Purwokerto. Pancuran pitu merupakan sebuah objek wisata berupa sumber air panas yang berasal dari 7 buah sumber air. Lokasinya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 2,5 km saja dari pintu gerbang menuju Baturaden. Akses menuju ke lokasi ini juga cukup mudah, karena anda dapat mencapainya dengan menggunakan kendaraan maupun berjalan kaki.

Pancuran pitu memiliki keunikan tersendiri karena memang air panas yang mengalir berasal dari 7 sumber berbeda, karena air tersebut mengeluarkan uap panas yang mengandung belerang, bebatuan yang ada di sekitar sumber air tersebut berubah warna menjadi merah keemasan yang menciptakan kombinasi warna yang unik.

Dekat dengan lokasi sumber air panas tersebut, anda dapat mencoba untuk berkunjung ke Goa Salirang yang terbentuk secara alami dan dihiasi bebatuan berwarna keemasan. Di dalam goa ini anda dapat mencoba menikmati air hangat yang bisa anda pergunakan untuk mandi dan merelaksasi tubuh.

 Museum Bank BRI


Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya


Museum BRI merupakan sebuah museum bersejarah yang diresmikan oleh direktur Utama BRI pada tahun 1990 yaitu Bapak Kamardy arief tepatnya pada tanggal 19 Desember. Museum ini dibangun dengan tujuan sebagai pusat informasi sejarah mengenai perkembangan bank BRI dari masa ke masa, selain itu di dalam museum ini juga ditampilkan berbagai koleksi yang berhubungan dengan perjalanan sejarah perbankan di Indonesia.

Anda dapat mempelajari tentang kisah dan sejarah mengenai mata uang yang ada di Indonesia dari awal kemunculannya sampai saat ini. Selain itu anda juga dapat melihat berbagai gambar yang menampilkan perubahan dan perkembangan dari Bank Rakyat Indonesia dari awal berdirinya sampai pada era modern seperti sekarang ini.

Telaga Sunyi


Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya


Objek wisata lainnya yang menarik untuk anda kunjungi adalah Telaga sunyi yang masih berada di areal hutan Baturaden. Dari wanawisata Baturaden anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke telaga ini.

Perpaduan antara air terjun yang mengalir kemudian membentuk semacam kolam yang alami menjadikan lokasi ini sebagai tempat yang cocok untuk dijadikan lokasi berenang dengan sumber air yang jernih dan alami. Lengkap dengan kondisi udara yang masih segar dan pepohonan hijau nan rindang yang mengelilingnya. Jika anda berkunjung ke kawasan wisata Baturaden, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung dan berenang di telaga sunyi, dijamin anda tidak akan menyesal.

Curug Gede


Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya


Curug Gede telah menjadi lokasi wisata favorit bagi muda-mudi di Purwokerto dan sekitarnya. Curug ini berada di daerah Baturaden tepatnya di kawasan kaki Gunung Slamet. Karena lokasinya yang berada di kaki gunung, tentunya tempat wisata ini memiliki panorama yang indah serta kondisi udara yang asri. Dengan point utama berupa air terjun setinggi 50meter, objek wisata ini terus dikembangkan. Telah dibangun pondok-pondok kecil sebagai tempat bersantai bagi pengunjung. Anda dapat bersantai di dalam pondokan sambil menikmati keindahan alam sekitar dengan ditemani bunyi aliran air yang dapat membuat anda melupakan kepenatan. Untuk masuk ke lokasi wisata ini anda hanya akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp.5000,- saja.

Mata Air Kalibacin


Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya


Bagi anda yang mengerti bahasa Jawa tentunya akan merasa aneh bila mendengar nama dari tempat wisata yang satu ini. Memang benar bila air di lokasi wisata ini baunya agak kurang sedap, namun hal tersebut dikarenakan kondisi sumber air di sini yang memiliki kandungan belerang agak tinggi. Mata air Kali bacin merupakan sebuah objek wisata berupa kolam pemandian dengan sumber air alami. Berbeda dengan Pancuran Pitu, meskipun air di sini memiliki kandungan belerang, kondisi airnya tidaklah hangat melainkan dingin seperti air pada kolam renang biasa.

Kebanyakan orang mengunjungi lokasi wisata ini untuk tujuan kesehatan. Air kolam yang mengandung belerang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Namun ada juga yang berkunjung ke sini hanya untuk sekedar relaksasi atau refreshing. Biaya tiket masuk ke objek wisata ini sangatlah murah, hanya Rp.2000 saja untuk kelas 1 dan Rp.2.500 untuk kelas VIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda.